5 Alasan Untuk Minum Kopi Tiap Hari

399 Views

VegasIDR – Kopi dikenal sebagai minuman untuk mengawali hari. Beberapa orang sangat membutuhkan kopi sebelum mulai kerja agar dapat bekerja dengan baik. Selain rasanya yang nikmat dan kafein yang didapatkan, banyak khasiat-khasiat lainnya yang kebanyakan orang belum tahu.

Di zaman modern ini, sudah banyak kita jumpai berbagai jenis biji kopi. Setiap orang memiliki preferensi meminum kopi yang berbeda-beda, dari pilihan kopi, metode pemanggangannya, hingga bagaimana kopi tersebut diseduh. Meski banyak juga orang yang berpendapat bahwa kopi itu buruk, ada beberapa manfaat kopi untuk diminum setiap hari, berikut 5 alasannya.

Aroma yang Membangkitkan Jiwa

Aroma kopi sama nikmatnya dengan rasa yang dimiliki oleh secangkir kopi. Bagi sebagian orang, menghirup aroma kopi saja sudah cukup untuk menghilangkan kantuk. Para peneliti percaya bahwa aroma kopi yang kuat dapat mengubah aktifitas protein di dalam otak dan memabntu mencegah maslah kurang tidur.

 

Hati yang Sehat

Kopi juga dipercaya sebagai penangkal mabuk. Selain itu, secangkir kopi sehari dapat juga mencegah sirosis hati karena terlalu banyak mengkonsumsi alcohol. Sirosis hati adalah penyakit auto-imun dan 20% lebih rendah menyerang orang yang meminum secangkir kopi setiap hari.

 

Mencegah Alzheimer dan Dimensia

Telah di prediksi oleh Kumpulan Alzheimer, bahwa orang-orang yang terserang penyakit ini akan meningkat hingga 1 juta orang di tahun 2025. Nyatanya, secara umum manusia sangatlah takut kehilangan memori atau ingatannya. Menurut sebuah riset di tahun 2010, seseorang yang meminum 3 sampai 5 cangkir kopi setiap hari memeliki 65% resiko yang lebih rendah terjangkit Alzheimerdan Demensia di hari tuanya.

 

Lebih Pintar

Kopi tidak hanya membuat kita bangun untuk memulai hari, namun juga dapat membuat fungsi otak bekerja lebih baik dan membuat seseorang lebih pintar. Bahan aktif yang dimiliki kopi adalah kafein yang merupakan stimulant yang menghalangi efek dari adesonin di dalam tubuh. Kafein juga meningkatkan kinerja syaraf di otak dan mengeluarkan dopamin dan norepinefrin. Beberapa risetjuga membuktikan bahwa kafein dapat meningkatkan mood, refleks, memori, fungsi kognitif, dan kewaspadaan.

 

Membakar Lemak

Kafein juga ditemukan di berbagai iklan suplemen pembakar lemak karena memang kafein dapat meningkatkan metabolisme tubuh dan mempercepat pembakaran asam lemak. Para atilit yang ingin meningkatkan performanya dapat mengonsumsi kafein dimana kafein dapat menggerakkan asam lemak keluar dari jaringan lemak. Riset juga membuktian bahwa kafein dapat meningkatkan performa latihan tubuh hingga rata-rata 11% ke 12 %.

Dapat dipastikan bahwa kopi mengandung manfaat yang baik bagi kesehatan sehingga dapat dikonsumsi setiap hari. Namun perlu diingat bahwa sesuatu yan terlalu banyak itu tidak baik. Minum kopi yang cukup setiap hari akan memberikan efek yang baik bagi kesehatan. Selain itu, jangan lupa untuk tidak meminum kopi di pagi hari dalam keadaan perut kosong.

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Linkedin
  • Pinterest

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *