9 Tipe Kopi yang Wajib Dicoba

197 Views

Kopi telah menjadi salah satu komoditas utama di dunia. Kopi sudah lama populer sebagai salah satu minuman favorit masyarakat. Salah satu sebabnya adalah kopi sebagai minuman yang fleksibel. Kopi bisa dinikmati dengan berbagai cara seperti polos tanpa apapun, ditambahkan karamel atau cokelat, panas atau dingin, bahkan bisa dikombinasikan dengan es krim.

Kopi hitam polos yang dinikmati setiap pagi memang enak, namun ada banyak cara lainnya untuk menikmati minuman ini. Berikut 9 tipe kopi yang wajib dicoba.

1.Frappuccino

 

Frappuccino adalah minuman khas dari merk Starbucks yang dijus dengan es batu dan campuran lain dengan ditambahkan whipped cream di atasnya. Tapi seseorang tak perlu jauh-jauh ke kedai Starbucks jika ingin menikmati Frappucino.

Berikut yang dibutuhkan untuk membuat Frappucino: es batu secukupnya, setengah cup espresso, setengah cup susu, 1 atau 2 sendok makan gula, 1 atau 2 sendok makan sirup (moka, cokelat, dll.), dan whipped cream. Cara membuatnya pun mudah; Jus semua bahan kecuali es batu. Es batu ditambahkan ke blender saat setengah halus dan terakhir tambahkan whip cream.

 

2.Caramel Macchiato

Es kopi juga menjadi jenis kopi klasik andalan Starbucks. Namun, sama seperti Frappucino, es Caramel Macchiato juga dapat dinikmati di rumah atau bahkan untuk disajikan ke tamu yang berkunjung ke rumah.

Cukup sederhana, yang diperlukan untuk membuat es Caramel Macchiato adalah sirup vanila, susu dingin, saus karamel, 2 shots espresso, whipped cream, dan es batu yang cukup. Cara membuatnya pun cukup dengan mencampurkan dan jus semua bahan. Terakhir, tambahkan whipped cream dan saus karamel di atasnya.

3.Café Mocha

Kopi jenis café latte adalah kopi yang ditemukan di Amerika Serikat, terinspirasi oleh minuman Bicerin. Sedangkan café mocha adalah minuman espresso dengan campuran susu panas dan cokelat. Jika seseorang tidak punya mesin espresso, hal yang tak susah untuk membuat café mocha.

Yang diperlukan cukup 2/3 cup bubuk moka atau cokelat, 2 sendok makan biji kopi yang sudah disangrai, whipped cream, dan penggiling kopi. Cara membuatnya cukup siapkan seduhan kopi biasa serambi memanaskan susu. Siapkan bubuk moka/cokelat lalu tuang susu hangatnya. Kemudian, campurkan dengan kopi yang sudah diseduh dan aduk. Tambahkan whipped cream untuk sentuhan yang manis.

4.Turkish Coffee

Turkish Coffee atau kopi Turki, tentunya terbuat dari biji kopi asal Turki, memiliki rasa, tekstur, dan aroma yang khas. Apa lagi jika dihidangkan dengan metode tradisi Turki. Kopi satu ini tak sering dijumpai di tempat-tempat kopi. Namun jika tetap ingin menikmatinya, membuat Kopi Turki ini sangatlah mudah.

Siapkan saja kopi bubuk Turki, satu setengah cup air dingin, cezve (tempat kopi perungu), dan gula. Masukan air ke dalam cezve dan tambahkan setengah sendok teh bubuk kopi serta tambahkan gula di awal jika ingin sedikit rasa manis. Didihkan dengan panas api sedang sampai muncul busa, lalu kopi Turki siap dihidangkan.

5.Café Cubano

Café Cubano atau Kopi Kuba atau Espresso Kuba adalah espresso yang asli dari Kuba saat mesin espresso pertama kali diimpor dari Itali. Espresso shot-nya akan dibuat manis setelah diseduh dan kemudian digunakan sebagai dasar dari pembuatan minuman kopi lainnya. Rasanya pun lebih kuat dua kali lipat dari kopi biasa dan orang-orang Kuba meminumnya setiap pagi sebagai aktivitas rutin.

Yang harus disiapkan untuk membuat Café Cubano ini adalah 5 sendok makan bubuk kopi, 1 cup air, dan gula. Cara membuatnya cukup buat espresso terlebih dahulu. Lalu masukan satu sendok teh gula ke dalam cangkir terlebih dahulu sebelum dituangkan espresso. Terkahir aduk dan Café Cubano pun jadi.

 

6.Irish Coffee

Irish Coffee sebenarnya adalah sejenis cocktail dengan campuran kopi, gula, whipped cream, dan wiski. Minuman ini punya sejarah yang unik dan ditemukan oleh Joe Seridan setelah para penumpang Amerika berangkat di suatu malam musim dingin tahun 1940. Untuk menghangatkan para penumpang, Joe Sheridan menambahkan wiski ke dalam kopi dan lahirlah Irish Coffee.

Yang diperlukan untuk membuat minuman ini adalah 25 ml wiski Irlandia, gula cokelat, whipped cream, dan double espresso. Untuk membuatnya, pertama hangatkan gelas kopi dan tambahkan wiski di dalamnya. Lalu, masukan gula dan aduk hingga tercampur dengan wiski. Campurkan espresso dan terakhir tambahkan whipped cream.

 

7.Cortado

Cortado adalah minuman favorit di Spanyol, Portugis, dan Amerika Latin yang sering dinikmati sebagai minuman sore hari. Minuman ini menggunakan espresso yang dicampur dengan sedikit susu panas untuk menghilangkan keasamannya.

Untuk membuatnya, cukup siapkan espresso dan busa susu yang hangat. Susu yang digunakan tidak terlalu panas seperti susu untuk macchiato.

 

8.Affogato

Agak susah untuk menentukan Affogato sebagai minuman atau hidangan penutup. Yang pasti, Affogato wajib untuk dicoba. Affogato adalah minuman asal Milan dengan arti “tenggelam” secara harafiah. Sebabnya adalah minuman ini menggunakan espresso panas untuk “menenggelamkan” gelato (es krim tradisional khas Italia).

Seperti di atas, cukup siapkan espresso dan gelato untuk membuat Affogato. Pertama, dinginkan gelas terlebih dahulu dan pastikan gelato atau es krim apa pun tersedia dengan jumlah yang cukup. Campurkan gelato dengan espresso hangat dan nikmati Affogato yang telah jadi.

9.Iced Coffee

Es Kopi memang nikmat dan menyegarkan asal suhu dinginnya tetap terjaga dan tidak tercampur air dari es batu yang meleleh. Jika kopi dicampur dengan es batu biasa, sering kali es meleleh dan tercampur dengan kopi sehingga terlalu banyak air. Jika mendinginkan kopi di kulkas, maka rasa dan aromanya pun hilang.

Satu cara untuk menikmati es kopi dan mengatasi masalah di atas adalah dengan membuat es batu yang berbahan kopi. Caranya buat kopi seperti biasa lalu masukkan ke freezer agar menjadi es batu kopi. Setelah jadi, masukkan es batu kopi ke dalam gelas dan tambhakan susu. Biarkan  es batu kopi meleleh dengan perlahan dan tercampur dengan susu sehingga terciptalah es kopi yang tak kebanyakan air.

 

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Linkedin
  • Pinterest

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *