Analisis PDIP Soal Penyebab Kekalahan Ahok-Djarot

143 Views

VegasIDR – Ketua DPP PDIP, Hendrawan Supratikno, berbicara soal kekalahan telak pasangan petahana, Ahok-Djarot yang diusung mereka dalam Pilgub Jakarta. Dia berkata ada beberapa faktor yang menyebabkan Anies berjaya di atas Ahok. 

“Birokrat yang ditemui mengatakan, ‘aduh kalau Ahok menang lagi, penderitaan kami makin panjang, nggak bisa main main anggaran. Pengusaha yang saya temuin, ‘apa sih untungnya Ahok jadi gubernur?” ujar Hendrawan saat ditemui di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (20/4/2017).

Menurut Hendrawan, sifat Ahok yang terlalu tegas dan tak mau kongkalikong kadang menjadi bumerang tersendiri. Ada pihak yang tak suka dengan sifat mantan anggota DPR yang bersih itu. 

“Jadi Ahok terlalu cepat, mungkin dia seperti obsesi membersihkan, ini nggak bisa. Kalau kita cuma upaya gaji aja kan itu dalam upaya yang nggak cukup. Oleh sebabnya, ini ada yang main-main ini. Ada beberapa orang. Kalau Sumarsono, Plt, lebih anu,” ungkapnya. 

Hendrawan kemudian berbicara soal mesin partai pendukung. Dia tak mau berkata ada partai pendukung yang tak bekerja maksimal.

“Kami tidak mau setiap partai menilai kontribusi lain. Yang saya lihat, masa kampanye yang cukup panjang ini menciptakan keletihan yang struktural. Memang koordinasi harus diakui memang susah dilakukan, contohnya dalam Jakbar dan Jakut ini. Dari partai pendukung ini, dia tahu kan di 2019 ini saling bersaing,” sebutnya. 

Lantas, apakah isu SARA berpengaruh akan kekalahan Ahok? 

“Identitas SARA kan karena dia Ahok aja, iya kan? Karena ini dia kan sosok yang fenomenal. Di DPR aja sudah bikin kaget, orang dia jalan 3 hari dikembalikan karena dia merasa 1 hari,” tutupnya.

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Linkedin
  • Pinterest

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *