Beberapa Tips Untuk Memilih VGA yang Baik dan Benar

70 Views
Merakit Komputer harus juga memperhatikan komponen VGA ini, karena komponen ini akan sangat penting apabila komputer yang akan kalian rakit adalah komputer yang akan digunakan untuk melakukan aktifitas yang juga menitikberatkan pada kemampuan grafis, seperti Gaming atau Editing. Hal ini sangat terkait erat hubungannya dengan fungsi dari VGA itu sendiri, yaitu berfungsi sebagai penghubung antara Motherboard dengan Layar CRT, LCD, ataupun Plasma, untuk mentransferkan data dalam bentuk grafis kedalam Layar.


Saat ini banyak produsen dan Brand ternama yang menawarkan VGA dengan kemampuan grafis yang mempuni untuk memainkan game ataupun aplikasi grafis tingkat dewa. Tapi, semua itu harus dibayar dengan “Dana Umum yang HIGH DEFINISION” tentunya, karena semakin bagus barang yang dijual makin besar pula nominal uang yang harus dibayarkan.

Walaupun begitu, jika kalian tidak terlalu mementingkan soal kualitas grafis, karena komputer kalian tersebut hanya digunakan untuk keperluan Server ataupun Office. Tapi, kalian pun juga harus mengetahui tentang komponen yang satu ini, agar bisa menambah ilmu komputer.
Baiklah, ada beberapa tips yang ingin Kami sampaikan pada kalian tips untuk memilih komponen VGA yang baik dan benar…

1. VGA onboard atau VGA CARD ?

VGA Onboard adalah jenis vga yang telah tersedia dan menempel langsung pada motherboard. VGA Jenis ini terdapat pada bagian processor, seperti Intel dan AMD. Dari segi grafis, nampaknya AMD lebih unggul dari Intel karena mereka lebih mementingkan kemampuan grafis dari processor. Itulah mengapa AMD sangat disarankan bagi para gamers yang menginginkan kemampuan lebih dari grafis processor.

AMD dikenal dengan APU series, sedangkan Intel juga dikenal dengan
Intel HD Series…
Jadi, saran Kami lebih baik disesuaikan dulu dengan kemampuan processor Kalian dalam mengolah grafis… walaupun Kalian memakai Intel, Kalian bisa juga menandingi AMD Jika memakai / memasang VGA Card.
Sejatinya, VGA Onboard tidak bisa terlalu diandalkan jika kalian mau main Game dengan Spek High End.
Sedangkan VGA Card adalah VGA Yang berupa Kartu Peripheral yang dipasangkan pada Pci express di motherboard. Kemampuan VGA ini sangat jauh melebihi VGA Onboard.

2. Kempuan Pengolah Grafis.

Layaknya sebuah Processor, VGA juga memiliki kemampuan untuk mengolah grafis, juga untuk memaksimalkan pengolahan grafis sistem Komputer. VGA terdapat sistem proses dari 1,5 ghz sampai 3 ghz keatas. juga dibekali dengan kemampuan inti proses core, dari single core sampai quad core. Tentunya tidak semua Vga memiliki kemampuan ini, jadi lebih baik liat liat dulu spek VGA nya sebelum memutuskan untuk dibeli.

3. Brand.

Brand sangat menentukan bagi ketahanan suatu VGA, karena Brand terkenal pasti memberikan barang paling berkualitas bagi para penggunanya. banyak sekali Brand yang terkenal dalam VGA, Seperti :
-Asus
-Nvidia
-MSi
-AMD Radeon
– and many more …

4. Teknologi Transfer Data Grafis.

transfer data grafis VGA menjadi suatu hal yang harus patut diperhatikan karena teknologi game sekarang yang mengacu pada grafis yang kuat disertai juga dengan transfer data grafis nya yang dapat diandalkan.
Ada beberapa jenis teknologi transfer data grafis yang ada dalam VGA zaman ini, yaitu :
– DDR3
– DDR4
– GDDR5
Kami sangat menyarankan untuk memilih yang GDDR5, karena selain merupakan teknologi terbaru, Ini juga bisa untuk memainkan Game High End sampai beberapa lama tahun mendatang.

5. Penyesuaian Komponen.

IN


?????

Dalam vga, penyesuaian komponen juga merupakan hal yang penting menyangkut ketahanan dari processor.
Misalnya, Processor Kalian pake Pentium 4 tapi pake VGA yang merupakan generasi terbaru seperti Nvidia Geforce GDDR5 1gb quadcore.Tentu saja Processor nya bakal Overheat karena terlalu besar ‘daya pemikiran’ yang harus diproses oleh Processor Pentium 4 tersebut. Minimal, Jika ingin memakai VGA diatas, Kalian harus dibarengi dengan processor yang kuat juga ‘daya pikirnya’ minimal Intel Core 2 Quad agar tidak mengalami LAG atau BOTTLENECT…

6. Cache Memory VGA.

Saat ini, cache memory dari VGA sudah ada yang mencapai 4gb . Jadi, semakin besar cache memory nya, semakin cepat pula proses pengolahan grafisnya. Dan juga proses bermain game ataupun Editing / Rendering Video, Gambar, Animasi nya tidak akan mengalami LAG…

Oke… hanya itu Tips yang ingin Kami bagi kepada kalian.
sampai bertemu lagi di Pembahasan Software Vegas  mendatang.

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Linkedin
  • Pinterest

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *