Fakta Dibalik Kesuksesan Lionel Messi

1490 Views

Siapa yang tak kenal dengan mega bintang asal Argentina yang satu ini, salah satu pemain terbaik sepanjang masa yang memiliki skill sepak bola diatas rata-rata. Pemain yang dijuluki sebagai titisan maradona ini telah banyak mencatatkan rekor baru dalam dunia sepak bola, seluruh pecinta bola berdecak kagum dengan segudang prestasi yang sudah diraihnya. Dibalik kesuksesan tentunya ada beberapa fakta yang bahkan tak terbayangkan sebelumnya, berikut fakta dibalik kesuksesan Lionel Messi.

1. Lionel Messi Berasal Dari Keluarga Sederhana

Pemain bernama lengkap Lionel Andrés Messi yang lahir pada 24 Juni 1987 di Rosario, Argentina itu datang dari keluarga sederhana dengan orang tua Jorge Horacio Messi, seseorang pekerja pabrik baja, serta Celia María Cuccittini sebagai pembersih paruh waktu. Messi kecil mengawali karir sepak bolanya di Grandoli, satu klub lokal dilatih oleh ayahnya Jorge pada tahun 1995. Setelah itu Messi berpindah ke Old Boys Newell itu yang berbasiskan di tempat tinggalnya kota Rosario. Namun, nasib pahit menimpa bintang Barcelona itu pada umur 11, ia didiagnosa kekurangan hormon perkembangan. Saat itu tim yang tertarik untuk merekrut, River Plate tak miliki cukup duit untuk membayar penyembuhan yang biayanya sekitaran 900 dolar AS per bulan.

Messi terlihat makin tidak mungkin menjelajahi lebih luas dunia sepak bola, saat tim medis klub itu menyampaikan pada keluarganya kalau Messi cuma dapat tumbuh setinggi tidak lebih dari 140 sentimeter. Lantaran keadaan ekonomi, bapak serta ibu Messi menyerah. Jangankan membiayai perawatan Messi, untuk penuhi keperluan keseharian Messi serta tiga saudaranya saja Jorge serta Celia kesusahan. Ketika Messi berumur 12 tahun, sanak keluarganya yang tinggal di Catalonia mendaftarkan Messi untuk ikuti uji coba di Barcelona. Direktur Barcelona waktu itu Carlos Rexach tak menyesal memanggilnya serta sebagai ungkapan simbolis (ikatan kontrak), Direktur barcelona itu memohon messi untuk membubuhkan sinyal tangan diatas suatu kertas. Sesudah Barcelona sepakat menanggung semuanya biaya perawatannya, Messi pergi ke Spanyol dengan ayahnya serta masuk tim U-14 Barcelona pada tahun 2000.

2. Memiliki Tempat Lahir yang Sama dengan Che Guevara

Lionel Messi ternyata memiliki beberapa kesamaan dengan sosok legendaris, Che Guevara. Selain sesama Argentino, Messi dan Che ternyata lahir di kota yang sama, Rosario. Che Guevara lahir di Rosario, Argentina pada 14 Juni 1928. Sosoknya kemudian terkenal sebagai pemimpin gerilya di Kuba. Lalu 59 tahun kemudian, tepatnya 24 Juni 1987, lahirlah seorang Messi di kota yang sama, Rosario.

Kedua sosok ini kemudian tampil sebagai legenda di bidang masing-masing. Che adalah sosok yang sangat fenomenal. Dia simbol dari pemberontakan. Salah satu kutipan Che yang terkenal adalah Hasta La Vista Siempre yang berarti “Sampai kemenangan abadi nanti!” Sementara Messi, tumbuh jadi legenda di sepak bola.

3. Kontrak di Atas Tisu Toilet

Tanggal 14 Desember 2000, Sekretaris Teknis Barcelona saat itu, Carles Rexach begitu terpukau dengan kemampuan olah bola seorang bocah berusia 13 tahun. Bocah itu tak lain adalah Lionel Messi. Saking terpukaunya, Rexach ingin mengontrak Messi saat itu juga.  Alhasil Rexach pun bertemu Ayah Messi. Namun keinginan Rexach terganjal masalah teknis. Ya, tak ada satu pun kertas di dekatnya, yang bisa digunakan untuk membuat dokumen kontrak Messi. Tak ingin melewatkan kesempatan, Rexach pun memanfaatkan tisu toilet. Di atas tisu itu, tertulis: “Di Barcelona, pada 14 Desember 2000, turut hadir Josep Minguella, Horacio Gaggioli, Carles Rexach, Sekretaris Teknis Barcelona, di bawah tanggung jawabnya, mengontrak Lionel Messi dengan jangka waktu tertentu dan kesepakatan yang telah disetujui.”

Debut pertama Messi dengan tim utama Barcelona dilakukannya pada usia 16 tahun 145 hari pada ujicoba melawan FC Porto, sementara debut pertamanya di La Liga di lakukan Messi pada usia 17 tahun 114 hari, itu saat Barcelona sedang melawan RCD Espanyol pada tahun 2004. Hingga saat ini  Messi sudah mengoleksi lima gelar La Liga, tiga trofi Liga Champions, medali emas olimpiade, serta menurut Forbes mempunyai kekayaan sejumlah 20 juta poundsterling atau sekitaran Rp 282 miliar.

4. Debut Di Timnas Argentina Cuma 44 Detik

Publik mungkin tidak menyangka, kalau Messi ternyata memulai debutnya di timnas Argentina dengan suram. Debut Messi bersama Tim Tango -julukan timnas Argentina- hanya berlangsung 44 detik! Kejadian ini terjadi pada Agustus 2005. Argentina meladeni Hungaria dalam partai persahabatan di Ferenc Puskas, Stadium. Menit 65, Messi yang saat itu berusia 18 tahun masuk menggantikan Lisandro Lopez.

Alih-alih tampil maksimal, Messi justru mendapat kartu merah dari wasit Markus Merk akibat dianggap menyikut bek Hungaria, Vilmos Vanczak. “Itu bukanlah cara yang saya impikan untuk memulai debut bersama Argentina,” kenang Messi. Kini 11 tahun berlalu sejak debut memalukan itu, Messi telah jadi pemain penting bagi Argentina. Bahkan, kini dialah kapten tim nasional, meneruskan sosok yang dianggap sebagai pendahulunya, Diego Armando Maradona.

5. Anak Messi Sudah Dikontrak Klub Profesional

Anak Lionel Messi, Thiago boleh jadi baru berusia 4 tahun setelah lahir pada 2 November 2012 lalu. Tapi jangan salah, Thiago ternyata sudah memiliki klub! Adalah Newell’s Old Boys, klub masa kecil Messi, yang sudah mengontrak Thiago. Demi mendapatkan Thiago, Newells sampai terbang ke Eropa lalu menyodorkan kontrak itu selang 72 jam Thiago sejak lahir ke dunia.

Negosiasi kontrak Thiago lalu dilakukan oleh ayah Messi, Jeorge. Sebagai tanda kesepakatan, Newell’s memberikan replika jersey Thiago berukuran kecil dengan nomor punggung 10.

6. Harga Kaki Messi 5,25 juta dolar

Lionel Messi adalah pemain sepak bola terbaik dunia. Sosoknya begitu populer. Karena itulah, banyak perusahaan yang ingin mensponsori Messi. Selain jadi sponsor, perusahaan-perusahaan itu juga berlomba menjadikan Messi sebagai brand ambassador atau sekadar menyematkan nama Messi di produk mereka. Pada 2013 misalnya, sebuah perusahaan perhiasan Jepang, Ginza Tanaka membuat patung kaki kiri Messi. Patung tersebut dijual dengan harga fantastis US$ 5,25 juta atau Rp 70 miliar.

Apa yang membuat patung itu begitu mahal? Selain karena merupakan replika kaki Messi, patung tersebut mahal lantaran dilapisi emas. Emas itu pula yang membuat patung itu memiliki berat hingga 25 kilogram.

7. Titisan Maradona

Sebuah Gol sensasional telah di cetak Lionel Messi pada tahun 2007 saat Barcelona melawan Gestafe GF, gol yang di ciptakan Messi sangat mirip dengan gol yang di ciptakan oleh Maradona saat Argentina melawan Inggris pada piala dunia 1986. Messi berlari sendiri dari tengah lapangan dan berhasil mengecoh enam pemain termasuk kipernya juga. Setelah menciptakan gol itulah akhirnya Messi mempunya julukan Messidonna. Gol hebat tercipta dari pemain hebat, mungkin itulah kata-kata yang terbesit saat melihat indahnya proses gol yang diciptakan Messi saat itu.

Itulah beberapa fakta tentang Lionel Messi, dimulai dari level terbawah hingga saat ini berada dalam puncak kariernya. Semoga bermanfaat dan dapat dijadikan inspirasi untuk kita semua.

Kunjungi website judi online terpercaya >>> DISINI

Ada banyak promo-promo menarik dari kami, mulai dari BONUS DEPOSIT 100% hingga BONUS HARIAN 10%

 

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Linkedin
  • Pinterest

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *