Kepolisian kembali amankan 1 ton sabu di perairan mapur, tanjung berakit, pulau bintan , kepulauan riau

56 Views
vegasidr.com
vegasidr.com

 Kapal pengangkut 1 ton sabu yang diselundupkan WN Taiwan di Pantai Anyer, Serang, Banten, berhasil ditangkap petugas gabungan di perairan Mapur, Tanjung Berakit, Pulau Bintan, Kepulauan Riau. Kapal tersebut saat ini disandarkan di pelabuhan bea cukai Sagulung, Tanjung Uncang, Batam.

Pantauan detikcom, Minggu (16/7/2017), kapal bercat putih bernama Wanderlust itu saat ini sudah diberi garis polisi. Kapal berbendera Sieraleone, Afrika itu dalam pengamanan anggota Brimob Polda Kepulauan Riau.

vegasidr.com

detikcom sempat melihat ke atas kapal bersama petugas tim gabungan dari Polda Metro Jaya, Polresta Depok dan Polda Kepulauan Riau. Ada tiga buah pintu masuk ke dalam dua dek (satu di belakang dan dua di depan), namun sudah tidak ada barang diduga narkoba di dalamnya.

Terdapat kabin tempat beristirahat Anak Buah Kapal (ABK) di kapal tersebut. Di mana di dalamnya terdapat empat buat tempat tidur dilengkapi air conditioner (AC) dan kulkas yang berisi perlengkapan makan dan minum para ABK.

Tim berkoordinasi dengan Bea Cukai pusat dan Bea Cukai Batam serta Polda Kepulaun Riau untuk mencegat kapal tersebut. Kapal tersebut akhirnya berhasil dicegat oleh petugas Bea Cukai Batam dan Polda Kepri di perairan Tanjung Berakit, Pulau Bintan, Kepri, pada Sabtu (15/7) pagi.

Kapal tersebut saat ini disandarkan di pelabuhan bea cukai Sagulung, Tanjung Uncang, Batam. Rencananya, kapal tersebut akan dibawa ke Direktorat Polair Polda Kepri untuk penyidikan lebih lanjut.

vegasidr.com

Kapal tersebut memiliki dimensi panjang 27,9 meter dan lebar 6,9 meter dengan tonase sebesar 135 MT. Sebelumnya Kapolri Jenderal Tito Karnavian menyampaikan, kapal pengangkut 1 ton sabu itu diselundupkan dari Taiwan, diduga melalui perairan Natuna, kemudian ke selat Bangka hingga sampai di Anyer.

Tim saat ini masih berada di Batam untuk menindak lanjuti penangkapan kapal tersebut. Tim masih menggeledah kapal tersebut.

Sebelumnya, tim gabungan Polda Metro Jaya dan Polresta Depok menggaglkan 1 ton sabu yang diselundupkan dari China oleh 4 WN Taiwan. Satu tersangka ditembak mati dalam upaya penyergapan tersebut.

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Linkedin
  • Pinterest

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *