Keuntungan di balik kekalahan , Juventus dapat penghasilan terting di Liga Champion

81 Views

VegasIDR – Juventus tumbang di final Liga Champions melawan Real Madrid. Bertanding di Millennium Stadium, Cardiff, Juventus dihajar dengan skor 1-4 oleh Los Blancos.

Kekalahan itu tentu menyakitkan, namun jika melihat sisi finansial kompetisi ini, Juventus adalah tim yang mendapatkan jatah uang terbesar. Juve kembali menjadi klub yang menerima dana terbesar dari pos hak siar televisi Liga Champions.

Aturan UEFA soal uang hak siar televisi memang berbeda dari liga domestik. UEFA membagikan uang berdasarkan market pool setiap negara peserta. Artinya, setiap negara memiliki jatah berbeda, sesuai nilai jual mereka. Setelah itu, jatah itu dibagi ke semua klub peserta, sesuai dengan prestasi mereka.

Di Italia, harusnya jatah uang hak siar televisi dibagi oleh tiga tim; Juventus, Napoli, dan AS Roma. Tapi karena Roma tak sanggup lolos ke fase grup, uang itu akhirnya dibagi oleh Juventus dan Napoli saja. Lalu Napoli juga tersingkir di babak 16 besar. Artinya, uang hak siar dari babak perempat final hingga final semuanya diberikan kepada Juventus.

Menurut Calcie E Finanza, Juventus mendapatkan 109,2 juta euro dari uang hak siar televisi. Real Madrid yang menjadi juara ‘hanya’ menerima 80,9 juta euro dari pos ini. Hal ini cukup wajar mengingat Atletico Madrid mencapai babak semifinal, Barcelona mencapai babak perempat final dan Sevilla mencapai babak 16 besar.

uang yang diterima Juventus itu adalah rekor tertinggi dalam sejarah Liga Champions. Rekor tertinggi sebelumnya juga dicatatkan Juventus dengan nilai 89,1 juta euro pada musim 2014-15.

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Linkedin
  • Pinterest

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *