Cara Merayakan Hari Kemerdekaan Yang Anti Mainstream

589 Views

Sebelum kita bahas artikel berikut Mimin mau ajak kalian bersama-sama buat menyanyikan lagu 17 agustus yuk, 1..2..3..

17 Agustus tahun 45! Itulah Hari Kemerdekaan kita…Hari Merdeka! Nusa dan bangsa! Hari lahirnya bangsa Indonesia…Merdeka! Lagu Hari Merdeka memang patut kita nyanyikan menjelang Hari Kemerdekaan Indonesia ke-72 yang Pada hari ini sedang di selenggarakan. Selama bulan kemerdekaan ini, banyak hal yang bisa kita lakukan untuk merayakan kemerdekaan selain mengikuti Upacara bendera. Kalian bisa melakukan apapun namun dalam konteks yang positif tentunya. If you want some ideas about how to celebrate Independence Day, check this out!

Sebagian besar berpikiran bahwa cara pelajar merayakan hari kemerdekaan adalah dengan mengikuti upacara bendera dan belajar dengan giat. Well, ini klise banget. Sebagai pelajar, kita bisa melakukan banyak hal lain. Kita memiliki hak mengekspresikan diri kita untuk Indonesia namun tetap dalam konteks positif karena hal negatif bukanlah cerminan pelajar Indonesia yang sejati. 

Berpartisipasi dalam event perayaan kemerdekaan

Kamu bisa berpartisipasi dalam berbagai macam perayaan hari kemerdekaan. Salah satu acara perayaan yang ada di kota saya, Trenggalek, adalah Ethnic Carnival. Acara ini rutin diadakan setiap tahunnya. Ethnic Carnival ini memadupadankan budaya Indonesia asli dengan budaya negara lain, misalnya Jepang, China, atau Korea. Kalian akan diajak menampilkan tarian dari berbagai daerah di Indonesia dan dari negara lain. Yang berpartisipasi dalam acara ini akan menampilkan tariannya di sepanjang rute carnival. 

Nah, sekolah saya adalah salah satu partisipan dalam acara ini. Mengapa acara ini saya sebut sebagai salah satu cara merayakan kemerdekaan yang berbeda daripada yang lain? Karena yang saya tahu, Trenggalek adalah satu-satunya kota yang rutin mengadakan acara ini. Kalian bisa tahu berbagai macam tarian dari daerah lain dan melestarikan tarian daerah kalian sendiri. Well, sebagai pelajar kita pastinya bangga untuk berkontribusi dalam pelestarian budaya daerah. Bukan cuma nonton oppa-oppa Korea aja atau dengerin lagu-lagu Barat. Kalau bukan kalian yang melestarikan, siapa lagi coba?

Posting kehebatan Indonesia di media sosial

Kamu juga bisa posting tentang kehebatan Indonesia di berbagai media sosial. Saat ini, hampir seluruh pelajar Indonesia menggunakan internet. Meskipun begitu, masih banyak yang menghujat negaranya sendiri. Padahal mereka adalah pelajar Indonesia. Well, di jaman modern seperti ini cara membanggakan negara Indonesia bisa dengan cara mudah, yaitu dengan mem-posting hal-hal keren tentang Indonesia. Indonesia is a wonderful country. Indonesia punya begitu banyak kelebihan dibanding kelemahannya. But, now majority of Indonesian just see it on negative side.

Jadi, dalam rangka merayakan kemerdekaan, kalian bisa membanggakan diri kalian sebagai warga negara Indonesia dengan menunjukkan kelebihan negara Indonesia dibandingkan negara lain. Kalian bisa posting di manapun, baik di Blog, Twitter, Facebook, Instagram, atau YouTube. Bahkan bisa dalam bentuk apapun, termasuk meme. Tapi, bukan meme yang menjatuhkan ya, Sahabat Trivia. Tunjukkan bahwa kalian bangga jadi pemuda Indonesia!

Donasi untuk kemajuan Indonesia

Yang terakhir adalah dengan berdonasi. Donasi apa? Ya, bermacam-macam. Berdonasilah untuk kemajuan Indonesia. Misalnya, berdonasi untuk pemeliharaan satwa atau flora langka Indonesia atau hal-hal kemanusiaan. Kalian bisa berdonasi untuk orang-orang yang membutuhkan. Kegiatan donasi sekarang jadi lebih mudah dengan adanya berbagai portal donasi. Kamu bisa lakukan sesuatu yang sangat bermanfaat untuk orang lain bahkan masa depan negara dari hal yang kalian anggap kecil. Nilai plus-nya, kalian bisa dapat pahala.

Nah itu adalah sebagian hal-hal yang bisa kamu lakukan untuk merayakan kemerdekaan Indonesia dan masih banyak lagi dan kalian bisa isi komentar dibawah yaa 😀 . Jelas, kan, bahwa hari kemerdekaan Indonesia tidak sekadar upacara bendera saja? Banggalah menjadi pemuda pemudi Indonesia!

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Linkedin
  • Pinterest

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *