Soundcloud merugi , putuskan PHK 173 karyawan nya

66 Views
vegasidr.com

Situs streaming audio SoundCloud telah mengumumkan bahwa perusahaan merumahkan 173 karyawan. Tak hanya itu, perusahaan yang dibangun CEO Alex Ljung ini juga menutup dua kantor di London dan San Francisco.

SoundCloud menjelaskan keputusan ini diambil sebagai langkah pemotongan biaya “untuk memastikan jalan menuju kesuksesan jangka panjang dan independen”. Perusahaan yang dibangun di Berlin pada 2008 ini masih akan melanjutkan operasional di Berlin dan New York.

“Dengan mengurangi biaya dan melanjutkan pertumbuhan pendapatan, kita berada di jalur menuju profitabilitas dan mengendalikan masa depan SoundCloud,” tulis Ljung dalam emailnya kepada para staff. 

SoundCloud sendiri sebenarnya memiliki basis pengguna besar sejumlah 175 juta pengguna di 190 negara. Namun, startup ini menghadapi masalah profit dengan model bisnisnya. Lebih dari setahun, SoundCloud dikabarkan merugi.

Penyebab masalah finansial adalah karena perusahaan sering menggunakan fasilitas mahal, termasuk kantor mewah di dunia. Selain itu, sedikitnya akun premium juga menjadi penyebab. 

Untuk mengatasi masalah financial, sebenarnya SoundCloud telah didekati Twitter dan Spotify. Namun hingga kini akuisisi tersebut tak kunjung rampung.

Perusahaan memiliki batas kredit US$70 juta pada Maret lalu untuk memastikan bisnis terus beroperasi. Mengingat manajemen masih harus menutup putaran pendanaan yang diyakini berada di kisaran US$ 100 juta.

Penutupan kantor dan pemecatan karyawan sendiri bisa diartikan dua hal: dana tidak pernah ditutup dan/ atau investor mempertimbangkan penetapkan beberapa kondisi baru pemotongan biaya operasional.

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Linkedin
  • Pinterest

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *