Strategi Mumpuni Para Cagub & CawaGub Untuk Menghadapi Debat Malam Ini.

41 Views



Jakarta – Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)-Djarot Saiful Hidayat dan Anies Baswedan-Sandiaga Uno akan saling beradu program dalam debat nanti malam. Kedua pasangan mengungkapkan telah memiliki strategi tersendiri untuk debat.

Tema debat yakni Dari Masyarakat Untuk Jakarta’ yang terdiri dari kesenjangan dan keadilan sosial, bonus demografi dan penegakan hukum. Sementara sub tema debat yakni transportasi, reklamasi, tempat tinggal, pelayanan publik berupa pendidikan dan kesehatan, serta UMKM atau dunia usaha.

Selain panelis, Ahok-Djarot dan Anies-Sandi juga mendapat pertanyaan dari perwakilan masyarakat dan komunitas.

Berikut strategi keduanya untuk debat nanti malam. 

1. Ahok-Djarot Rapikan Data

Cawagub Djarot Saiful Hidayat akan bertemu Ahok sebagai persiapan debat malam nanti. Keduanya akan membahas materi debat.

“Kan putaran pertama sudah 3 kali debat jadi hanya penajaman saja, tinggal mengulang sana sini. Ini kan kami belum persiapan secara khusus karena kami berpikir sidangnya Pak Ahok itu sampai malam biasanya, tapi ternyata sudah ditunda pembacaan tuntutannya itu sehingga kami nggak nyangka,” kata Djarot usai bertemu warga di Keramat Jati, Jakarta Timur, Selasa (11/4). 



“Jadi kami agendakan hari ini nanti malam atau besok kami ketemu sama Pak Ahok,” imbuhnya.

Selain membahas materi, Ahok-Djarot akan mengevaluasi serta mengerucutkan temuan-temuan selama blusukan di lapangan. Temuan tersebut bisa meliputi persoalan-persoalan yang dihadapi warga di lapangan termasuk penajaman untuk program ke depan.

“Jadi kami belum bertemu karena Pak Ahok kan juga turun, saya juga turun maka perlulah hasil temuan di lapangan akan kita evaluasi, akan kita sesuaikan dengan beberapa program yang sedang dikerjakan,” tuturnya. 

2. Anies-Sandiaga Latihan 18 Bulan Bertemu Warga

Cawagub Sandiaga Uno mengaku siap menghadapi debat putaran kedua. Dia mengatakan sudah latihan selama 18 bulan untuk berdialog. Hal itu yang menjadikannya percaya diri dan siap dalam meladeni pertanyaan dari warga atau komunitas saat debat nanti.

“Saya siap, saya sudah latihan 18 bulan, saya dialog langsung dengan masyarakat. Pertanyaan itu sangat orisinal. Saya berdialog langsung dengan masyarakat. Saya mengerti langsung fenomena ini yang dihadapi oleh masyarakat,” kata Sandiaga di kawasan Cipinang Besar Selatan, Jakarta Timur, Senin (10/4).

Soal pembagian tugas, Sandiaga akan fokus pada bidang ekonomi dan infrastruktur.

“Kami sudah mulai persiapan debat, Pak Anies lebih fokus di hal-hal yang berkaitan institusi dan manusia. Untuk ekonomi dan infrastruktur saya,” katanya. 

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Linkedin
  • Pinterest

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *