SURVEI Pilkada JABAR 2018 yang dilakukan oleh SMRC, Kang Emil kembali Muncul sebagai pemenang

48 Views

Nama Wali Kota Bandung Ridwan Kamil atau kang Emil kembali muncul sebagai pemenang dalam survei Pilkada Jawa Barat 2018. Kali ini, Kang Emil merajai survei yang dilakukan lembaga Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC).

Dalam survei yang dilakukan SMRC pada pertengahan Juni dan melibatkan 820 responden, Kang Emil meraih dukungan terbanyak sebesar 31,4 persen.

Angka itu lebih besar dari dukungan terhadap Deddy Mizwar (13 persen), Dedi Mulyadi (12,3 persen), Dede Yusuf (8,3 persen), dan Abdullah Gymnastiar atau Aa Gym (7,5 persen).

“Dukungan terhadap Ridwan Kamil semakin terlihat ketika warga diminta menyatakan pilihan bila ada akhirnya hanya ada dua calon yang berhadapan di Pilgub Jawa Barat,” tutur Peneliti Senior SMRC Deni Irfani di kantornya, Kamis (13/7).

Pada simulasi pilihan dengan dua calon gubernur, Emil meraih suara terbanyak melawan Deddy Mizwar, Dedi Mulyadi, dan AA Gym. Ia berturut-turut meraih dukungan 49,5 persen, 57,7 persen, dan 60,8 persen melawan tiga nama itu.

Kemenangan telak juga diraih Kang Emil ketika disandingkan dengan nama Presiden Partai Keadilan Sejahtera Sohibul Iman. Ia meraih suara 71,7 persen saat dibandingkan dengan Sohibul pada survei yang sama.

Sementara itu, ada 13,4 persen responden yang menginginkan Emil berpasangan dengan Dedi Mulyadi pada Pilkada Jabar 2018.

Kandidat calon wakil gubernur potensial lain yang dianggap layak mendampingi Emil adalah Deddy Mizwar (10,2 persen) dan Dede Yusuf (7,8 persen).

“Sampai saat ini Deddy Mizwar adalah penantang paling kuat Ridwan Kamil. Di semua simulasi ia mendapat dukungan hingga maksimal 52,2 persen. Selisih dukungannya dengan Ridwan Kamil berkisar 8,5 sampai 19,9 persen,” katanya.

Sebelumnya, nama Emil juga keluar sebagai pemenang di survei yang dilakukan lembaga Poltracking Indonesia dan Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati.

Pada survei yang dilakukan 18-24 Mei lalu, Poltracking melakukan tujuh simulasi. Simulasi pertama, ada 25 nama tokoh yang disodorkan menjadi calon gubernur. Hasilnya, Emil meraih pilihan terbanyak dengan persentase 38,13 persen.

Pada simulasi kedua, ada tujuh kandidat gubernur yang namanya dimunculkan yaitu Emil, Deddy Mizwar, Dedi Mulyadi, Dede, Aa Gym, Desy Ratnasari, dan Rieke Diah Pitaloka. Hasilnya, Emil tetap meraih dukungan terbanyak dengan persentase 41,38 persen.

Pada simulasi ketiga, nama Rieke dihilangkan dari daftar pilihan. Dukungan terhadap Emil turun ke persentase 41,25 persen. Kenaikan tipis diraih Deddy Mizwar dan Dedi Mulyadi yang meraih 15,75 dan 11 persen.

Kemudian, di survei UIN Sunan Kalijaga elektabilitas Emil disebut menurun. Tingkat keterpilihannya yang diklaim semula 55,1 persen menjadi 40 persen, Deddy Mizwar dari 16,30 persen menjadi 22,38 persen pada survei kedua. Kemudian Dede Yusuf dari 11,68 persen meningkat menjadi 12,57 persen.

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Linkedin
  • Pinterest

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *