Tegas : Trump Perintahkan Serang Suriah Usai Serangan Kimia

57 Views



Washington DC – Amerika Serikat (AS) mengambil tindakan tegas setelah serangan kimia memakan banyak korban jiwa di Suriah. Presiden AS Donald Trump memerintahkan serangan rudal terhadap sebuah pangkalan udara Suriah. 

Seperti dilansir Reuters, Jumat (7/4/2017), dalam mengumumkan langkah ini, Trump menyatakan dirinya bertindak untuk membela kepentingan keamanan nasional melawan Presiden Suriah Bashar al-Assad. Langkah ini tergolong langkah paling keras AS sepanjang 6 tahun konflik Suriah. 

Di sisi lain, langkah ini berpotensi memicu konfrontasi dengan Rusia dan Iran, sekutu dekat Assad. 

“Bertahun-tahun upaya untuk mengubah perilaku Assad telah gagal dan gagal secara dramatis,” ujar Trump dari resor miliknya Mar-a-Lago di Florida, tempat dirinya bertemu dengan Presiden China Xi Jinping. 

Dituturkan sejumlah pejabat AS yang enggan disebut namanya, sekitar 50 rudal Tomahawk ditembakkan dari sejumlah kapal perang Angkatan Laut AS, seperti USS Porter dan USS Ross, yang siaga di Laut Mediterania. 

Rudal-rudal itu mengenai sejumlah target, termasuk landasan udara, pesawat tempur dan pusat pengisian bahan bakar yang ada di Pangkalan Udara Shayrat di Suriah. Kerusakan yang dipicu dari serangan AS ini belum diketahui pasti. 

“Malam ini, saya memerintahkan serangan militer terarah terhadap pangkalan udara Suriah yang menjadi lokasi diluncurkannya serangan kimia,” tegas Trump.

“Ini penting bagi kepentingan keamanan nasional Amerika Serikat untuk mencegah dan menangkal menyebarnya penggunaan senjata kimia mematikan,” imbuhnya. 

“Tidak ada yang perlu diperdebatkan bahwa Suriah menggunakan senjata kimia yang dilarang, itu melanggar kewajibannya di bawah konvensi senjata kimia dan mengabaikan desakan Dewan Keamanan PBB,” tandas Trump.

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Linkedin
  • Pinterest

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *