Universitas Washington berhasil kembangkan Handphone tanpa Baterai

89 Views
vegasidr.com

Peneliti dari Universitas Washington mengembangkan ponsel yang tak lagi memerlukan baterai. Sebab, ponsel ini menghasilkan sendiri tenaga yang mereka gunakan. 


Caranya, dengan membuat tenaga berukuran microwatt menggunakan sinyal RF yang ditransmisi dari BTS. Tenaga tambahan lain didapat dari cahaya diluar menggunakan dioda foto (photodiodes) seukuran butir beras. 


Saat digunakan, ponsel ini hanya mengonsumsi listrik 3,5 microwatt. Tenaga ini cukup untuk membuat ponsel berkomunikasi dengan BTS yang berjarak 15 meter untuk membuat dan menerima panggilan.

Untuk menghemat penggunaan daya, ponsel ini juga memodifikasi cara suara ditransmisikan ke BTS. Alih-alih menggunakan mikrofon, menggunakan converter untuk mengubah suara menjadi data. Kelemahannya, pengguna harus menekan tombol bicara, seperti saat menggunakan walkie talkie

“Di masa depan, BTS atau router Wi-Fi bisa menjadi sumber tenaga ponsel tanpa baterai ini,” jelas co-author penelitian ini, Vamsi Talla, seperti dikutip Hothardware.com.

Tentu saja temuan ini masih perlu banyak pengembangan untuk bisa diaplikasikan ke ponsel cerdas. Sebab, ponsel cerdas saat ini sangat haus energi. Energi yang menjalankan prosesor, memori, dan layarnya.
 

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Linkedin
  • Pinterest

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *